Wednesday, September 24, 2008

Tua Suami Apa Tua Istri


By: Al-Makmun
Suatu hari, ada sekelompok ustad berkumpul dalam sebuah hajatan. Setelah mereka semua selesai melakukan aktivitas dan ritual keagamaan kemudian beliau-beliau menikmati nikmatnya makanan yang dihidangkan oleh tuan rumah, ditambah lagi dengan bersantai sambil menghisap rokok ditemani secangkir kopi, so pastinya ngobrol malah lebih yahuud.

Disela-sela berbincang-bincang berbagai masalah, kemudian tanpa disadari salah satu ustad ada yang nyelethuk berkata, "Ngapunten saya mau tanya, di antara ustad-ustad ini siapa ya yang lebih bisa dikatakan "lelaki Sejati"!?

Ustad A berkata, "Kalau masalah seperti itu pastinya ya Ustad C, soalnya beliau ini istrinya ada 4".

Ustad B menyahuti, "Oh ga bisa, yang jelas ya Ustad F, soalnya isteri beliau ada 3 dan masih-muda-muda cantik lagi".

Ustad J giliran ambil bagian, "Gak usah ribut lah, gini aja saya mau tanya pada njenengan-njenengan semua, semua kan uda pada punya istri. NAH, LEBIH TUA MANA ANTARA ENTE (SUAMI) SEMUA DENGAN ISTERI-ISTERI ENTE?!"

Kelihatannya untuk urusan yang satu ini semuanya kompak dan serentak menjawab bak paduan suara "YA LEBIH TUA KITA (SUAMI) LAH!"

Ustad J menjawab lagi dengan nada yang mantap, "SALAH, di mana-mana ISTERI lebih tua dari pada SUAMI."

Sontak saja semua terperanjat tidak terima. mereka malah balik bertanya, "Kok Bisa?"

Ustad J menjawabnya dengan nada santai dan tenang, "Coba sekarang ini njenengan perhatikan sebuah tamsil (perumpamaan), antara kakak dengan adik tua mana?! pastinya kan tua kakak. kenapa? sebab sang kakak mengetahui mberangkange (merangkaknya) sang adik, sebaliknya sang adik tidak pernah tau mberangkange (merangkaknya) sang kakak. Begitu juga dengan sang Isteri, Isteri mengetahui mberangkange (merangkaknya) sang Suami, sebaliknya sang suami tidak pernah tau mberangkange (merangkaknya) isteri!."Betul....

Sejenak ustad-ustad ini, sedikit kebingungan, tapi kemudian mereka tertawa terbahak-bahak, ternyata bener juga ya......

Tapi ada satu ustad yang tak terima. beliau langsung ngomong. "Belum tentu toh, iya kalau isteri kita yang ada di bawah (dalam .......), pasti dia tau mberangkange (merangkaknya) kita, tapi kalau pas giliran sang isteri minta di atas (dalam....), kan kita yang tau mberangkange (merangkaknya) isteri. hee...he....

kontan aja mereka semua tertawa terbahak-bahak.

Monday, September 15, 2008

Secangkir Kopi Bernama Kehidupan


Suatu hari ada sekelompok alumni suatu Universitas yang telah mapan dalam karir mereka masing-masing berkumpul dan mendatangi Professor kampus mereka yang telah tua. Setelah mereka masuk ke dalam rumah sang Professor, percakapan pun segera terjadi dan mengarah pada komplain tentang STRESS di pekerjaan dan kehidupan mereka.

Sejenak sang Professor beranjak berdiri pergi ke dapur dan kembali dengan poci besar berisi kopi dan cangkir dari berbagai jenis – dari porselin, plastik, gelas, kristal, gelas biasa, beberapa diantara gelas mahal dan beberapa lainnya sangat indah –. Sang professor pun menawari tamu-tamunya kopi, dan mengatakan pada para mantan mahasiswanya itu untuk menuang sendiri kopinya ke dalam cangkir yang telah dipilih sesuai selera masing-masing.

Setelah semua mahasiswanya mendapat secangkir kopi di tangan, sang Professor pun langsung mengatakan : “Jika kalian perhatikan dengan seksama, semua cangkir yang indah dan mahal telah kalian ambil, yang tertinggal hanyalah gelas biasa dan yang murah saja. Meskipun normal dan manusiawi banget bagi kalian untuk menginginkan hanya yang terbaik bagi diri kalian. Tapi ingat, sebenarnya itulah yang menjadi sumber masalah dan stress yang kalian alami."INGAT, Pastikan bahwa cangkir itu sendiri tidak mempengaruhi kualitas kopi. Dalam banyak kasus, gelas dan cangkir itu hanya lebih mahal dan dalam beberapa kasus bahkan menyembunyikan apa yang kita minum. Apa yang kalian inginkan sebenarnya adalah kopi, bukanlah cangkirnya, namun kalian secara sadar mengambil cangkir terbaik dan kemudian mulai memperhatikan cangkir orang lain."

“Sekarang perhatikan hal ini : Kehidupan bagai kopi, sedangkan pekerjaan, uang dan posisi dalam masyarakat adalah cangkirnya. Cangkir bagaikan alat untuk memegang dan mengisi kehidupan. Jenis cangkir yang kita miliki tidak mendefinisikan atau juga mengganti kualitas kehidupan yang kita hidupi. Seringkali, karena berkonsentrasi hanya pada cangkir, kita gagal untuk menikmati kopi yang Tuhan sediakan bagi kita.”

“Tuhan memasak dan membuat kopi, bukan cangkirnya. Jadi nikmatilah kopinya, jangan cangkirnya.”Sadarilah jika kehidupan kalian itu lebih penting dibanding pekerjaan kalian. Jika pekerjaan anda membatasi diri kalian dan mengendalikan hidup kalian, kalian menjadi orang yang mudah diserang dan rapuh akibat perubahan keadaan. Pekerjaan akan datang dan pergi, namun itu seharusnya tidak merubah diri anda sebagai manusia. Pastikan kalian membuat tabungan kesuksesan dalam kehidupan selain dari pekerjaan kalian.

Sunday, September 14, 2008

Ngabuburit di Masjid Cheng Hoo


Waktu berbuka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu oleh orang yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Berbagai macam menu makanan yang tidak ada di hari biasa, tiba-tiba muncul pada waktu buka puasa atau lebih memilih mencari suasana berbeda dari hari-hari biasanya.
Bermacam cara pula dilakukan masyarakat untuk menunggu waktu berbuka puasa, antara lain misalnya dengan mengikuti pengajian di masjid yang dilanjutkan ta’jil (buka bersama), atau sekedar jalan-jalan sembari menunggu waktu berbuka yang sering dinamakan ngabuburit
Di antara banyak tempat untuk menunggu buka puasa tiba, ada satu tempat yang cukup menarik untuk disinggahi yaitu Masjid Cheng Hoo, yang terletak di Jalan Gading Surabaya.
Sejak diresmikan pada 28 Mei 2003, Masjid Cheng Hoo langsung melejit sebagai salah satu objek wisata religi di Surabaya. Arsitekturnya yang unik, juga jamaahnya yang kebanyakan etnis Tionghoa. membuat para 'turis' ingin melihat dari dekat, bahkan ada turis dari luar negeri seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Malaysia, Jepang, dan Tiangkok. Begitu juga pada bulan puasa ini.
Pengurus PITI dan Masjid Cheng Hoo juga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengunjungi rumah ibadah ini. Pihak Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo siap memberikan pengetahuan mulai dari sejarah Laksamana Cheng Hoo, arsitektur masjid, sampai perkembangan syiar Islam di Masjid Cheng Hoo.
Selama bulan Ramadan 1429 Hijriah, banyak sekali kegiatan rohani diadakan di Masjid Cheng Hoo, seperti takjil, shalat taraweh, dzikir, pengajian dan lainnya.
Menjelang buka puasa, tak hanya warga sekitar yang antusias untuk berbuka dan Taraweh di sini, namun banyak dari luar daerah seperti Madiun, Sidoarjo, Gresik sengaja datang ke sini untuk menikmati suasana buka bersama dan shalat taraweh. Suasana buka bersama terasa sangat akrab dan penuh dengan nuansa kekeluargaan meskipun mungkin pada awalnya belum kenal satu dengan yang lain.
Di samping itu, kita menyediakan 350 bungkus nasi/hari bahkan terkadang jumlah segitu kurang, sehingga panitia mengalah. Takjil dan nasi bungkus tersebut diperoleh dari sumbangan seluruh pengurus Yayasan Masjid Cheng Hoo dan sumbangan spontanitas masyarakat, ungkap Ustad Haryono Ong.
Selain buka bersama dan taraweh setiap hari, terdapat juga kegiatan-kegiatan lain seperti tanggal 20 September 2008 akan diadakan kajian taklim dan dzikir bersama dimulai pukul 15.30 WIB – menjelang buka dan malam harinya dilanjutkan dengan iktikaf serta shalat malam di malam-malam ganjil.
Tanggal 22 September akan ada penyantunan kepada 200 anak yatim yang bekerjasama dengan Kecamatan Genteng dan dalam waktu dekat akan ada pemberian sembako untuk kaum dhuafa, tambah Ustad Haryono.

MENENGOK PELUANG BISNIS RESTORAN

Bisnis restoran tergolong usaha yang sangat menarik dan menjanjikan. Beberapa pebisnis restoran bahkan berani menyebutkan bahwa laba bisnis ini sangat besar bahkan bisa sampai kurang lebih 150%. Wow sebuah angka yang cukup fantastis.

Namun begitu, tentunya keuntungan sebesar itu hanya berlaku untuk restoran yang sudah punya nama dan sukses menjaring costummer. Sedangkan yang belum berhasil menjaring costumer, tentunya keuntungannya juga tak sebesar angka tersebut.

Agar berhasil dalam menjalankan roda bisnis restoran, pertama-tama kita harus bisa mengenal dan menjiwai apakah Restoran itu dan karakternya. Yakinkanlah bahwa kita mampu untuk menjalankan bisnis ini.

Di samping itu, harus dipikirkan dengan matang produk makanan yang akan disajikan. Usahakan menu makanan adalah menu yang sesuai selera dan kebutuhan pasar. Tak ada salahnya jika terlebih dulu mengamati pasar tentang makanan apa yang menjadi primadona dan kecenderungan pasar dalam membeli.

Setelah mengetahui kebutuhan pasar, maka pastikan makanan yang kita sajikan benar-benar ajib/lezat, bersih, sehat dan tampil beda sehingga menarik hati costumer.

Makanan yang nancap di lidah konsumen, pelayanan yang memuaskan akan membuat mereka ketagihan untuk terus datang kembali sehingga mereka tak akan mungkin pindah ke lain hati.

Setelah itu, tentukan faktor lokasi restoran. Usahakan lokasi strategis yang sering dilewati dan mewakili beragam konsumen. Di sisi lain, berikan fasilitas yang memadai dan unik yang bisa mencuri perhatian konsumen.

Selain itu, faktor yang tak kalah pentingnya adalah harga makanan. Jika terlalu mahal, maka konsumen akan sedikit berpikir lagi. Begitu sebaliknya, bila terlalu murah, maka makanan itu akan dianggap makanan murahan yang tak berkualitas.

Untuk menentukan harga yang tepat adalah dengan melihat harga jual pesaing produk anda. Tentunya dengan kualitas dan porsi makanan yang kurang lebih sama. Setelah itu tetapkan harga jual produk anda sedikit lebih murah dibanding harga jual mereka agar konsumen mau mencicipi produk kita.

Tak lupa kita harus senantiasa dan rutin untuk evaluasi terhadap bisnis ini, sehingga dapat diketahui kelebihan ataupun kekurangannya.

Cara Jitu Membeli Parcel

Agar anda tidak salah dan keliru dalam membeli parcel dengan barang-barang yang sudah kadaluarsa, ada baiknya anda perhatikan cara berikut ini:

Pertama. Belilah parcel sesuai dengan kebutuhan. Artinya, kalau kiranya hanya mampu membeli parcel dengan harga 100 ribu kenapa harus membeli yang 500 ribu.

Kedua. Pilih barang-barang isian parcel yang bisa dimanfaatkan dan lebih berguna oleh si penerima.

Ketiga. Periksa dengan teliti kadaluarsa barang parcel yang berupa makanan atau minuman.

Keempat. Pilihlah produk yang tidak meragukan, yakni harus ada sertifikasi dari pemerintah atau balai POM.

SOLUSI TEPAT BAGI MEREKA YANG PUNYA MOBILITAS TINGGI

Hidup di kota metropolitan dengan tingkat kesibukan yang tinggi terkadang membuat kita tak sempat untuk membersihkan rumah, memasak untuk keluarga ataupun bingung karena ditinggal pembantu pulang kampung.

Kondisi semacam itu tak akan terjadi lagi jika kita memanfaatkan program bantuan pelayanan kilat ala Mercure selama bulan Ramadhan. Program ini memberikan pelayanan lengkap, mulai membersihkan rumah sampai menyediakan makanan berkelas hotel bintang empat sesuai dengan keinginan keluarga.

Pelayanan tersebut didasari karena banyaknya informasi mengenai keluhan ibu rumah tangga dikala pembantu mudik selama lebaran. Sehingga Mr. Neil Gow, General Manager hotel Mercure Grand Mirama Surabaya mencetuskan ide kreatif ini untuk mencari jalan keluar dari masalah tahunan tersebut, ungkap Betty Meyda Christiani, Executive Secretary Hotel Mercure Surabaya.

Program bantuan kilat yang diberi nama “S.O.S” ini terdiri dari pelayanan kebersihan rumah dari housemaid Mercure serta bantuan memasak langsung dari juru masak andalan hotel yang berlokasi di jantung kota Surabaya ini.

Mereka melayani sampai dengan tiga jam, mulai membersihkan seluruh rumah sampai memasak makanan yang diinginkan keluarga. Hanya dengan harga 350.000 nett per hari, rumah akan terlihat nyaman dan bersih kembali serta masakan yang tersediapun sesuai dengan lidah keluarga.

Harga tersebut, belum termasuk bahan-bahan masakan dan segala peralatan yang diperlukan untuk melakukan kegiatan rumah tangga tersebut. Dengan adanya program ini, anda dan keluarga tak perlu lagi merasa bingung saat para pembantu mudik dibulan Ramadhan, jelas wanita kelahiran Surabaya ini.

Langkah Tepat Memilih Resto

Begitu banyak restoran yang ada sekarang ini. Mereka berlomba-lomba menawarkan menu-menu spesial yang didukung dengan berbagai fasilitas mulai dari kenyamanan tempat, live music, free wi-fi dan beragam fasilitas lainnya. Kondisi demikian pastinya sedikit banyak membuat kita bingung mau makan di resto mana. Berikut ini ada tips menarik memilih resto.

Pertama, tentukan terlebih dulu menu yang diinginkan sesuai selera makan, sehingga menambah kenikmatan dan kepuasan menyantap makanan.

Kedua, tanyakan tentang menu spesial yang disajikan. Barangkali menu spesial yang disajikan akan meningkatkan selera makan karena ingin terdorong oleh rasa penasaran ingin mencobanya.

Ketiga, periksa keuangan anda artinya pilih makanan yang sesuai dngan kondisi keuangan anda.

Keempat, Pastikan pelayanan yang diberikan memuaskan.

Kelima, pilih lokasi resto yang strategis dan aman sehingga akan memberikan kenyamanan dan keleluasaan anda dalam menikmati hidangan yang disajikan.
Keenam, jangan lupa tanyakan mengenai agenda acara yang ada di restoran tersebut, apakah ada special day yang biasanya memberlakukan harga khusus dan live music

The Secret To Be A Champion Brand Transforming From Local To National And Legacy

A product is something that is made in a factory; a brand is something that is bought by a costumer. A product can be copied by a competitor; a brand is unique. A product can be quickly outdated; a successful brand is timeless. (Stephen King, WPP Group, London)

Ambisi dan tekanan kompetisi telah mendorong kita untuk tumbuh lebih cepat dan lebih cepat lagi. It's no longer enough to be just "good", instead being "great" is what you been dreaming for. Dan standar sebuah "greatness" adalah seberapa jauh anda bisa jadi "champion" atau "jawara" di industri anda.

Bagaimana menjadi brand yang kuat. Dan bagaimana melakukan ekspansi.

Menurut Alexander Mulya, Chief Consultant Brand Credence MarkPlus, Untuk ekspansi, pada prinsipnya harus percaya bahwa menjadi brand yang kuat itu penting. Karena kalau tidak, kita bisa pada situasi yang tidak bagus dan bisa hancur.

Agar menjadi brand juara, kita harus mempersiapkan strategi yang lebih matang daripada hanya taktik. Strategi yang baik dan taktik yang benar akan dapat memenangkan pertempuran.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan ekspansi adalah kita mesti punya strategi dan tentukan mau ekspansi ke mana.

Di sisi lain, kita mesti melihat apakah lebih menentukan prioritas market. Kita bisa mempunyai banyak market tinggal market mana yang diprioritaskan, apakah yang ukurannya besar, yang tumbuhnya besar, ataukah market di mana kita kuat atau market dimana tidak ada pesaing, imbuh Alexander Mulya.
Kendala eksternal dalam melakukan ekspansi adalah Kompetitor, sehingga harus sepandai mungkin untuk bisa mengalahkan raja yang ada. Sedangkan kendala internal adalah keterbatasan sumber daya, kita punya cukup uang gak untuk main dibanyak market sekaligus, atau kalau sumber daya gak banyak lebih baik fokus di market-market tertentu saja, ujar Alexander.

Mudik Lancar Dengan Persiapan Matang

Mudik atau yang bahasa kerennya dikenal dengan eksodus tahunan merupakan suatu budaya yang lazim dan jamak dimasyarakat kita. Suatu ritual yang kadang harus dijalani dengan sangat susah payah hanya demi satu tujuan, berkumpul dengan keluarga di hari raya

Sebelum melakukan perjalanan mudik, alangkah baiknya jauh-jauh hari kita mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan ketika mudik, mulai dari barang-barang bawaan, sampai kendaraan, sehingga ketika mudik semuanya berjalan lancar dan mulus tiada hambatan.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, alangkah baiknya kita menjaga kondisi badan kita agar tetap fit dengan istirahat cukup, tak ada salahnya menyiapkan vitamin atau suplemen penambah tenaga dan yang pasti selalu berdoa agar selamat dari pergi sampai balik lagi.

Adapun yang perlu diperhatikan dari kendaraan antara lain, Mesin, tune-up mesin sebelum menempuh perjalanan. Oli, pastikan kualitas dan kuantitas oli bagus. Periksa Aki mulai dari membersihkan terminal-terminal aki, kekencangan baut, dan juga air aki. Rem, Periksa rem dari kemungkinan bocor, kanvas tipis, serta keausan piringan dan tromol rem, serta cek minyak rem dan setel rem. Kopling, kopling harus bekerja dengan baik, dengan memeriksa ketebalan plat. Ban, periksa tekanan ban dan jangan sampai menggunakan ban yang mulai halus, demi kenyamanan alangkah baiknya lakukan spooring dan balancing. Listrik Bohlam bisa menyala dan klakson berbunyi normal. Kemudi, balljoint, tierod, dan arm kemudi harus presisi. Spion. Wiper dan siapkan komponen cadangan yang berisiko tinggi bermasalah diperjalanan, peta mudik, catat atau simpan telepon-nomor telepon penting.

Nasib Bisnis Parcel


Mendengar kata parcel, orang langsung teringat akan hari raya, entah itu Idul Fitri/Lebaran, hari raya Idul Adha, hari Natal atau hari-hari raya keagamaan lain. Parcel memang identik dengan hari raya tersebut. Padahal parcel atau bingkisan khusus sebenarnya bermakna lebih luas dari sekedar hari-hari besar tersebut.

Itulah sebabnya parcel disebut juga dengan bingkisan khusus karena memang diberikan kepada orang-orang khusus (special person) dan waktu khusus pula (special moment). Selain kemasannya yang cantik, isi parcel pun sangat beragam.

Parcel sudah jamak di masyarakat sedari dulu hingga sekarang ini. Namun demikian, akhir-akhir ini setelah ada peraturan yang melarang pejabat negara menerima parcel menyebabkan industri ini semakin sepi peminat.

Menurut Wibisono, pemilik toko parcel Elson, mengatakan lesunya industri parcel dikarenakan adanya peraturan larangan pejabat negara menerima parcel dan diperparah lagi dengan adanya kenaikan harga barang isian parcel seperti makanan, minuman, keranjang rotan, sampai hiasan. Harga makanan dan minuman untuk isian tahun ini naik cukup lumayan dibandingkan tahun lalu, jika dulu harga parcel terendah adalah 50 ribu, sekarang menjadi 75 ribu. Sedangkan yang paling laris adalah parcel dengan kisaran harga 100 – 300 ribu.

Penjualan parcel untuk tahun ini kurang lebih sama dengan tahun lalu. Tapi kemungkinan ada peningkatan, namun tidak signifikan. Hal ini dikarenakan, sekarang orang sudah banyak yang mafhum bahwa mereka memberi parcel tidak ada kaitannya atau embel-embel di belakang (suap) karena membelinya dengan harga yang tidak terlalu besar, tutur Wibisono.

Adapun persaingan penjualan parcel dengan penjual-penjual parcel musiman, Wibisono tidak terlalu khawatir. Karena sekarang ini kembali kepada kepercayaan masyarakat/kebiasaan membeli mereka, yang penting kita tetap menjaga kualitas barang, pasti mereka tidak akan berpindah ke lain hati. Apalagi sekarang ini banyak dijual parcel namun isinya yang berupa makanan dan minuman ternyata ada yang sudah kadaluarsa, tambah Wibisono.

Larangan Pemberian Parcel

Parcel merupakan buah tangan yang merupakan tali asih agar jalinan hubungan kekerabatan tidak terputus. Namun demikian, lambat laun pemberian parcel kemudian disalah artikan dengan memberikan parcel dengan ukuran dan nilai nominal yang sangat besar.

Dengan kondisi seperti itu, tak heran jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak bosan-bosannya mengeluarkan himbauan setiap kali menjelang Lebaran.

Tak luput di tahun ini pun lewat siaran pers di Jakarta pada tanggal 4 September 2008, KPK kembali mengeluarkan himbauan dan mengingatkan kepada masyarakat dan penyelenggara negara untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang justru tidak mendukung upaya-upaya pemberantasan tindak pidana korupsi

Menurut Johan Budi SP, Humas KPK, dalam siaran pers bahwa KPK menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama. KPK kembali menghimbau kepada masyarakat luas untuk tidak memberikan ucapan selamat kepada penyelenggara negara atau pegawai negeri dalam bentuk iklan di media massa baik cetak maupun elektronik, atau pemberian gratifikasi dalam segala bentuk kepada penyelenggara negara atau pegawai negeri terkait dan berhubungan dengan tugas atau pekerjaan atau jabatannya.

Sebaiknya pemberian tersebut disalurkan kepada rakyat miskin, korban bencana alam dan pihak-pihak yang lebih membutuhkan bantuan baik dalam bentuk kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya seperti pendidikan atau kesehatan sebagai bentuk kesetiakawanan sosial.

Kedua. KPK kembali menghimbau kepada penyelenggara negara berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terutama dalam Pasal 12 B bahwa setiap gratifikasi/pemberian hadiah kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dianggap pemberian suap, apabila berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

Gratifikasi yang dimaksud adalah segala bentuk pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya. Gratifikasi tersebut baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.

Ketiga. Bagi penyelenggara negara atau pegawai negeri yang telah menerima gratifikasi dalam segala bentuk termasuk yang terkait perayaan hari-hari raya keagamaan tahun 2008 agar melaporkan penerimaan tersebut kepada KPK, selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak tanggal diterimanya gratifikasi tersebut. Selanjutnya KPK akan menetapkan status kepemilikan gratifikasi tersebut apakah menjadi milik negara atau milik penerima.

Yang Jadul Bukan Berarti Katrok


Perkembangan fashion akan selalu berubah dengan continue. Artinya perkembangan fashion tidak saja sepenuhnya berubah maju, melainkan terkadang justru berubah ke dalam style fashion masa lalau (jadul).

Akhir-akhir ini semakin banyak desainer yang melirik kembali ke masa lalu sebagai sumber inspirasi. Mungkin bagi khalayak umum dianggap sudah usang, namun bisa jadi justru di tangan desainer bisa disulap sebagai fashion terbaru. Hal semacam inilah yang dialami oleh batik. Sebuah corak pakaian yang sudah menjadi icon budaya Indonesia.

Jika dulu batik kerap dianggap sebagai pakaian yang tadinya terkesan formal dan kuno. Namun demikian, kondisi tersebut sekarang berbalik arah hampir 180ยบ. Batik sekarang lagi booming dan banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa dan orang tua. Entah ketika acara resmi, santai atau sekadar buat jalan-jalan. Ujar Sri Asih, Staff Marketting butik Draisol Gemilang.

Di sisi lain, Style dan trend batik tidak terlepas dari refleksi pemahaman modern atas rancangan masa lalu, sambil tetap juga mengamati trend globalisasi tentang kecantikan dan budaya.

Pakaian batik banyak dijumpai di butik-butik, pusat perbelanjaan, atau toko-toko pakaian dengan model yang menarik. Sudah jamak dimasyarakat jika batik mulai dari dulu sampai saat ini bisa dikatakan motifnya tetap saja, namun demi menarik perhatian maka dipadukan dengan bahan yang bermacam-macam dengan model yang berbeda-beda, seperti saat ini yang paling menjadi trend adalah baju batik dengan lengan gembung.

Desain batik antara yang remaja dan yang sudah berkeluarga mempunyai ciri tersendiri. Agar ibu-ibu tak terlalu kelihatan tua, maka dibuatlah model yang modis. Begitu juga untuk pakaian batik pria, antara yang bujang dan bapak-bapak dibuat berbeda.

Pesatnya perkembangan batik tentunya akan membawa keuntungan tersendiri. Hal itu kiranya yang diamini oleh butik Draisol Gemilang. Meskipun butik ini baru buka pada tanggal 28 Desember 2007, namun butik ini sudah dapat menjaring costumer dengan tingkat penjualan batik sangat pesat, bahkan kenaikan penjualan mencapai 100 %/bulan, apalagi menjelang Lebaran dapat dipastikan ada kenaikan lagi, imbuh Sri Asih.

Draisol Gemilang, mempunyai koleksi motif batik seluruh Madura dan juga menyediakan batik Cirebon, dan Pekalongan.

Setiap batik dari daerah tertentu mempunyai ciri khas tersendiri, namun yang membedakan batik Madura dengan yang lain adalah kalau batik Madura motif dan pewarnaannya aneh, artinya warna batik Madura lebih ada cener-cenernya (lebih rame), ungkap Sri Asih.

Cita-Cita Ideal


Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang sangat hakiki dan penting serta merupakan investasi jangka panjang yang sangat mahal. Oleh sebab itu, sudah selayaknya pemerintah memperhatikan pendidikan.

Pendidikan kita saat ini boleh dibilang belum sesuai dengan harapan karena ada beberapa kelemahan yang salah satunya adalah kebanyakan tenaga pendidik saat ini lebih memfokuskan pada pendidikan yang bersifat kognitif/transformasi ilmu. Karena tujuan pendidikan pada masa lalu adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga para guru merasa punya tanggung jawab untuk mencerdaskan anak didik dan didukung kurikulum nasional. Semuanya menekankan ranah kognitif saja sehingga ranah afektif dan psikomotornya tak tersentuh.

Untuk memajukan pendidikan, pemerintah mempunyai program jangka pendek 2005-2009, jangka menengah 2009-2015, dan jangka panjang 2015-1025. Tujuan pendidikan nasional sekarang lebih diutamakan untuk menanamkan keimanan, ketakwaan dan budi pekerti luhur, baru mencerdaskan kehidupan bangsa, Ungkap Prof. Dr. Haris Supratno, M.Pd., Reektor Universitas Negeri Surabaya.

Menurut Prof. Dr. Haris Supratno, M.Pd. yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, mengatakan. Visi-misi pemerintah ke depan tahun 2025 pendidikan kita bisa mencetak peserta didik kita menjadi insan kamil yang memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi religi, kompetensi emosional dan sosial, kompetensi professional dan kompetensi kinestetik.

Kompetensi religi bermakna kita harus menguasai ilmu agama sesuai agama masing-masing. Tak hanya menguasai secara teori, tapi harus diimplementasikan dalam semua aspek kehidupan.

Kompetensi emosional dan sosial, artinya anak didik kita harus dilatih, dibina, dan dibimbing agar dapat mengendalikan emosinya. Sedangkan Hubungannya dengan sosial adalah kalau sudah emosionalnya tak bisa ditahan pastinya dalam komunikasi sosialnya akan rusak, baik dalam berkeluarga berpolitik, maupun beragama. Peserta didik diharapkan menjadi generasi yang bisa menahan emosi, sabar dan ikhlas sehingga mereka akan dapat mengendalikan emosinya sehingga dalam komunikasi dengan semua pihak harmonis.

Kompetensi professional, artinya peserta didik mempunyai keterampilan dan kepandaian sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Kompetensi kinestetik, artinya peserta didik memiliki sehat jasmani dan jiwa yang halus, sehingga proses pendidikan adalah suatu proses memanusiakan manusia.

Keempat kompetensi tersebut akan menghasilkan pendidikan kognitif, afektif dan psikomotorik.

Selain empat kompetensi bagi peserta didik, Prof. Dr. Haris Supratno, M.Pd. yang juga menjabat sebagai Sekjen SNPTN mengatakan. Seorang tenaga pendidik juga dituntut menguasai beberapa kompetensi, antara lain:

Pertama. Tenaga pendidik menguasa kompetensi padagogik artinya tenaga pendidik harus menguasai ilmu pendidikan, proses pembelajaran bagaimana mengendalikan peserta didik.

Kedua. Tenaga pendidik harus menguasai kompetensi sosial, artinya harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan semua orang.

Ketiga harus mempunyai kompetensi kepribadian dan budi pekerti yang baik. Karena mereka akan menjadi panutan baik di kelas, maupun luar kelas.