Monday, October 27, 2008

TEMPAT ANYAR BAGI OFF-ROADER


Bagi penggila atau pecinta sepeda (off roader), ada kabar gembira karena di Surabaya terdapat tempat khusus untuk offroad dan merupakan satu-satunya di Indonesia. Tempat ini dinamakan dengan wisata Bike Park.

Wisata Bike Park terletak di perumahan Bukit Mas II. Wisata Bike Park sendiri adalah wahana pertama di Indonesia yang berfungsi sebagai tempat rekreasi untuk keluarga di samping juga untuk pembinaan atlet-atlet nasional yang dikemas unik dan berbeda.

“Jika kita perhatikan, setiap kali ada event sepeda sirkuitnya pasti bersifat temporer, biasanya hanya dipakai dua minggu untuk latihan dan pertandingan setelah itu dibongkar”, ungkap Rudi Santoso, Pengelola Wisata Bike Park.

Landasan awal munculnya Wisata Bike Park adalah dari hobi. Di samping itu, perkembangan pecinta sepeda akhir-akhir ini sangat luar biasa, terutama 2 tahun terakhir seiring dengan isu-isu hemat BBM, global warming, dan gaya hidup sehat, tambah Rudi, pria yang juga menjabat sebagai ketua Free Cycle Community Wisata Bike Park.

Masih menurut Rudi Santoso, bahwa alasan kenapa membuat arena off-road adalah jika kita bersepeda on-road terdapat beberapa kelemahan dan rawan resiko tinggi antara lain kalau on road kita pasti terkena yang namanya polusi, karena tingkat kendaraan bermotor di perkotaan cukup tinggi. Jika jatuh akan lebih sakit karena jalanannya aspal dan kecelakaan jika ada mobil atau motor yang nyelonong.

Wisata Bike Park memiliki luas area 35.000 m² dengan berbagai macam fasilitas menarik guna mewadahi animo masyarakat untuk bersepeda, baik penggemar, atlet maupun maniak. Di sini dilengkapi dengan dua karakter trek, yakni untuk beginner dengan panjang lintasan 2 km (lebar 2 m ketinggian 50-150 cm) dan advance dengan panjang lintasan 2,5 km (lebar lintasan 80-100 cm dengan ketinggian 1–5 m dari permukaan tanah). Sedangkan tingkat kesulitannya antara lain superball, trek tanjakan, sprint, trek kayu, jumping dan jembatan kayu.

Wisata ini didesain dengan nuansa natural, seperti di area offroad dengan kontur ketinggian setiap trek berbeda-beda juga jenis lintasan yang berbeda dan dinaungi dengan perpohonan yang rimbun juga danau buatan.

Karakter trek, untuk medan trail (TR) atau cross country (XC) juga untuk dual slalom (2X), bagi penggemar ekstreem disediakan area dirt jump (DJ), juga free ride (FR).

Selain itu Wisata Bike Park juga dilengkapi dengan playground area untuk kegiatan outbound yang berhubungan dengan sepeda dan olahraga outdoor.

No comments: