Thursday, April 2, 2009

Usir Bau Asap Rokok dalam Mobil


Punya kebiasaan mengisap rokok di dalam mobil? Asap rokok yang tertinggal di mobil akan menimbulkan aroma tidak sedap terlebih bagi mereka yang tidak suka dengan asap rokok. Menggunakan wewangian biasanya menjadi pilihan, tapi hal tersebut hanya menutupi bau rokok.
Aroma tidak sedap pun muncul tidak hanya ditimbulkan oleh asap rokok. komponen paling penting dalam mendinginkan kabin mobil ini lama kelamaan akan mengeluarkan bau tak sedap. Seringkali bau tersebut tercium ketika AC pertama kali kita hidupkan.
Untuk menghilangkan bau tidak sedap dari Ac adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara dengan cara sebelum mematikan mesin mobil dan kipas AC, matikan AC terlebih dahulu. Selain itu seusai menggunakan mobil, usahakan membuka pintu dan jendela mobil kurang lebih 30 menit. Cara yang demikian cukup manjur dalam mencegah jamur atau bakteri yang menjadi penyebab aroma tidak sedap.
Cara lain dapat dilakukan dengan meletakkan bubuk kopi di dalam mobil tapi jangan disebar secara langsung. Kopi memiliki kemampuan menyerap dengan cpat aroma tidak sedap. Di samping itu, Kulit jeruk juga ampuh untuk menghilangkan bau rokok, cukup tinggalkan beberapa lembar kulit jeruk dalam mobil kita dan biarkan selama beberapa hari sampai kulit jeruk tersebut mengering baru dibuang.
Bersihkan saringan udara AC secara berkala minimal tiap 30.000 km atau 18 bulan sekali. Bila kendaraan tidak dilengkapi dengan saringan udara AC, bersihkan evaporator paling tidak tiap 2 tahun sekali

No comments: