Friday, September 16, 2011

Doa Menghadapi Kematian


Setiap orang pasti akan mengalami mati. Namun manusia tidak pernah tau dimana dia akan mati dan kapan dia akan mati. Nah yang harus manusia lakukan adalah mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk melaksanakan semua perintah agama dan menjauhi larangan agama dan alangkah baiknya ditambah dengan berdoa agar nanti ketika meninggal dalam keadaan khusnul khatimah dan dikumpulkan bersama orang shaleh dan mati dalam keadaan muslim. berikut ini adalah doa sebagaimana yang terdapat dalam al-Qur’an.

رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ ءَامِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ

”Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhan-mu”, maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.” (Qs. Ali-Imran: 193)

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)”. (Qs. al-A’raf: 126)

No comments: