Sunday, September 14, 2008

Mudik Lancar Dengan Persiapan Matang

Mudik atau yang bahasa kerennya dikenal dengan eksodus tahunan merupakan suatu budaya yang lazim dan jamak dimasyarakat kita. Suatu ritual yang kadang harus dijalani dengan sangat susah payah hanya demi satu tujuan, berkumpul dengan keluarga di hari raya

Sebelum melakukan perjalanan mudik, alangkah baiknya jauh-jauh hari kita mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan ketika mudik, mulai dari barang-barang bawaan, sampai kendaraan, sehingga ketika mudik semuanya berjalan lancar dan mulus tiada hambatan.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, alangkah baiknya kita menjaga kondisi badan kita agar tetap fit dengan istirahat cukup, tak ada salahnya menyiapkan vitamin atau suplemen penambah tenaga dan yang pasti selalu berdoa agar selamat dari pergi sampai balik lagi.

Adapun yang perlu diperhatikan dari kendaraan antara lain, Mesin, tune-up mesin sebelum menempuh perjalanan. Oli, pastikan kualitas dan kuantitas oli bagus. Periksa Aki mulai dari membersihkan terminal-terminal aki, kekencangan baut, dan juga air aki. Rem, Periksa rem dari kemungkinan bocor, kanvas tipis, serta keausan piringan dan tromol rem, serta cek minyak rem dan setel rem. Kopling, kopling harus bekerja dengan baik, dengan memeriksa ketebalan plat. Ban, periksa tekanan ban dan jangan sampai menggunakan ban yang mulai halus, demi kenyamanan alangkah baiknya lakukan spooring dan balancing. Listrik Bohlam bisa menyala dan klakson berbunyi normal. Kemudi, balljoint, tierod, dan arm kemudi harus presisi. Spion. Wiper dan siapkan komponen cadangan yang berisiko tinggi bermasalah diperjalanan, peta mudik, catat atau simpan telepon-nomor telepon penting.

No comments: