Sunday, September 14, 2008

Yang Jadul Bukan Berarti Katrok


Perkembangan fashion akan selalu berubah dengan continue. Artinya perkembangan fashion tidak saja sepenuhnya berubah maju, melainkan terkadang justru berubah ke dalam style fashion masa lalau (jadul).

Akhir-akhir ini semakin banyak desainer yang melirik kembali ke masa lalu sebagai sumber inspirasi. Mungkin bagi khalayak umum dianggap sudah usang, namun bisa jadi justru di tangan desainer bisa disulap sebagai fashion terbaru. Hal semacam inilah yang dialami oleh batik. Sebuah corak pakaian yang sudah menjadi icon budaya Indonesia.

Jika dulu batik kerap dianggap sebagai pakaian yang tadinya terkesan formal dan kuno. Namun demikian, kondisi tersebut sekarang berbalik arah hampir 180ยบ. Batik sekarang lagi booming dan banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa dan orang tua. Entah ketika acara resmi, santai atau sekadar buat jalan-jalan. Ujar Sri Asih, Staff Marketting butik Draisol Gemilang.

Di sisi lain, Style dan trend batik tidak terlepas dari refleksi pemahaman modern atas rancangan masa lalu, sambil tetap juga mengamati trend globalisasi tentang kecantikan dan budaya.

Pakaian batik banyak dijumpai di butik-butik, pusat perbelanjaan, atau toko-toko pakaian dengan model yang menarik. Sudah jamak dimasyarakat jika batik mulai dari dulu sampai saat ini bisa dikatakan motifnya tetap saja, namun demi menarik perhatian maka dipadukan dengan bahan yang bermacam-macam dengan model yang berbeda-beda, seperti saat ini yang paling menjadi trend adalah baju batik dengan lengan gembung.

Desain batik antara yang remaja dan yang sudah berkeluarga mempunyai ciri tersendiri. Agar ibu-ibu tak terlalu kelihatan tua, maka dibuatlah model yang modis. Begitu juga untuk pakaian batik pria, antara yang bujang dan bapak-bapak dibuat berbeda.

Pesatnya perkembangan batik tentunya akan membawa keuntungan tersendiri. Hal itu kiranya yang diamini oleh butik Draisol Gemilang. Meskipun butik ini baru buka pada tanggal 28 Desember 2007, namun butik ini sudah dapat menjaring costumer dengan tingkat penjualan batik sangat pesat, bahkan kenaikan penjualan mencapai 100 %/bulan, apalagi menjelang Lebaran dapat dipastikan ada kenaikan lagi, imbuh Sri Asih.

Draisol Gemilang, mempunyai koleksi motif batik seluruh Madura dan juga menyediakan batik Cirebon, dan Pekalongan.

Setiap batik dari daerah tertentu mempunyai ciri khas tersendiri, namun yang membedakan batik Madura dengan yang lain adalah kalau batik Madura motif dan pewarnaannya aneh, artinya warna batik Madura lebih ada cener-cenernya (lebih rame), ungkap Sri Asih.

No comments: